Hasil Survei Kepuasan Mahasiswa Baru pada Pelayanan BBA Tahun Akademik 2024/2025

19 Juli 2025, oleh: Editor

Sebagai bagian dari pembinaan karakter Islami dan penguatan nilai-nilai keislaman dalam lingkungan kampus, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui Direktorat AIK secara rutin menyelenggarakan program Bimbingan Baca Al-Qur’an bagi mahasiswa baru. Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan saat Mahasiswa Baru berada di Semester 1 dan 2.

Untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan kegiatan serta memperoleh masukan langsung dari peserta, kami menyelenggarakan Survei Kepuasan Mahasiswa Baru Pada Pelayanan BBA Tahun Akademik 2024/2025.

Survei ini bertujuan untuk:
⦁ Mengukur keterjangkauan informasi tentang BBA
⦁ Mengevaluasi profesionalisme pembimbing BBA
⦁ Mengidentifikasi aspek yang perlu ditingkatkan
⦁ Mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelaksanaan BBA

Sebanyak 1.040 Mahasiswa Baru Angkatan 2024/2025 telah mengisi kuesioner survei yang disediakan secara daring.

Hasil survei menunjukkan bahwa 82,8% mahasiswa memberikan penilaian positif terhadap survei yang diberikan. Hal ini dapat diartikan bahwa pelayanan yang diberikan saat kegiatan BBA berlangsung sudah cukup baik. Sebagian besar mahasiswa merasa bahwa informasi tentang BBA diberikan dengan jelas, mudah diakses, dan mudah dipahami. Sementara itu, terdapat 11,8% mahasiswa memberikan penilaian netral dan 5,4% lainnya merasa kurang puas dengan pelayanan yang diberikan.

Meskipun demikian, dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan saat kegiatan BBA berlangsung sudah baik, termasuk materi yang diberikan, profesionalisme pembimbing, hingga fasilias yang diberikan. Namun, ruang perbaikan akan terus dilakukan supaya pelaksanaan kegiatan BBA di tahun yang akan dating menjadi lebih baik. Terima kasih kepada seluruh mahasiswa yang telah berpartisipasi dalam survei ini.