Hasil Survei Kepuasan Layanan KIAI UMY TAHUN 2024/2025

16 Juli 2025, oleh: Editor

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui Direktorat AIK menyelenggarakan kegiatan Kuliah Intensif Al Islam (KIAI). Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib bagi Mahasiswa Baru UMY dimana pelaksanaannya dibagi menjadi beberapa gelombang. Melalui kegiatan KIAI, UMY berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu layanan dalam mendukung pengembangan kegiatan keislaman, kemuhammadiyahan, dan karakter Islami mahasiswa.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, kami telah melaksanakan Survei Kepuasan Layanan Kegiatan KIAI pada tahun Angkatan 2024/2025. Survei kepuasan layanan KIAI ditujukan kepada Mahasiswa Baru dimana mereka berperan sebagai peserta dalam kegiatan KIAI. Melalui survei ini, Direktorat AIK berkomitmen untuk meningkatkan mutu layanan dalam kegiatan KIAI di tahun selanjutnya.

Sebanyak 382 mahasiswa telah memberikan penilaian terhadap berbagai aspek layanan, antara lain:

  • Kemudahan mahasiswa memahami materi
  • Profesionalitas pemateri
  • Fasilitas dan layanan dalam pelaksanaan kegiatan
  • Kejelasan informasi dan transparansi nilai

Hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas responden memberikan nilai positif. Sebanyak 93,38% responden merasa puas hingga sangat puas dengan layanan yang diberikan saat kegiatan KIAI berlangsung. Responden yang memberikan penilaian netral sejumlah 4,31%. Sementara itu, sejumlah 2,74% responden merasa tidak puas dengan layanan yang diberikan saat KIAI dilaksanakan. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada ruang untuk perbaikan.

Dari survei yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa layanan yang diberikan saat kegiatan KIAI sudah sangat baik. Catatan dari hasil survei akan dijadikan bahan evaluasi untuk kegiatan KIAI di tahun selanjutnya. Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh responden atas partisipasi dan kepercayaannya.